Rabu 16 Sep 2015 01:48 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Kebakaran Hutan tak Kunjung Padam, Pemerintah Kirim Pasukan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah akan mengirimkan lebih dari 1.000 pasukan untuk memadamkan kebakaran hutan di Sumatera bagian selatan, dampak asapnya telah membuat ribuan orang menjadi sakit, penerbangan ditunda, dan kualitas udara di Singapura dan Malaysia jatuh ke tingkat tidak sehat.

Pemerintah sebelumnya telah berjanji akan mengakhiri kebakaran hutan musiman, tapi selalu gagal menghentikan kabut asap.

Pasukan-pasukan tersebut akan dikirim ke provinsi Sumatera Selatan dan Jambi, dua dari tempat kebakaran utama, menurut Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Jumat (11/9).

Jika diperlukan, badan tersebut akan mengirimkan helikopter tambahan untuk membantu memadamkan api dengan bom air. Sumatera Selatan, salah satu dari pusat kebakaran hutan, telah melaporkan 22.585 kasus infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) sejak Jumat.

Pada akhir pekan, Indeks Standar Polutan di Singapura naik ke 248, atau "sangat tidak sehat", atau satu tingkat di bawah kategori polusi udara tertinggi di indeks itu yaitu "berbahaya."

 

 

Narator: Fian Firatmaja