Jumat 15 May 2015 17:07 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Tips Agar Buah Hati Tertarik Mendengar Dongeng

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Kampung Dongeng Awam Prakoso mengatakan dalam menyampaikan dongeng, pendongeng harus kreatif dan unik agar bisa mengalahkan tayangan-tayangan lain yang disukai anak.

Pendongeng juga bisa menggunakan karakter dalam kartun untuk lebih   menarik perhatian anak. Karena menurut Awam, nantinya anak akan lebih mudah menerima pesan dalam cerita jika mereka sudah tertarik.

Sebagai pendongeng, Awam membagi tips untuk orang tua agar anak lebih tertarik mendengarkan dongeng. Pertama, referensi cerita menjadi bagian penting. Menurut Awam, pada dasarnya setiap orang senang bercerita, hanya referensi apa yang mereka miliki untuk diceritakan. Terkadang orang tua merasa sulit untuk mendongeng karena tidak memiliki banyak referensi.

Untuk teknik dalam menyampaikan dongeng, Awam mengatakan tidak sulit. Cukup dengan membaca, mengubah suara, dan memberi bumbu dengan alur cerita yang lebih mengigit. 

Awam menuturkan dongeng adalah kado terindah yang selalu dinanti oleh buah hati, maka orang tua jangan pernah berhenti untuk mendongeng.

 

 

Videografer & Video Editor: Casilda Amilah