Selasa 20 Jan 2015 18:05 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Agung Sasongko

Ini Manfaat Kuasai Bahasa Asing

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Mempelajari bahasa asing sejak lama diketahui dapat meningkatkan kekuatan otak. Namun, ternyata efek yang dihasilkan akan lebih besar jika dilakukan pada usia 10 tahun. Demikian hasil riset yang dipublikasikan University of Kent's School of Psychology .

Riset yang menganalisa hasil pindai otak dari 20 orang yang berusia sekitar 30 tahun, dan telah tinggal di Inggris setidaknya selama 13 bulan.

Mereka mulai mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua di usia 10 tahun. Peneliti lalu membandingkannya dengan 25 orang lain yang hanya berbicara bahasa Inggris.

Hasil penelitian menunjukkan mereka yang mulai mempelajari bahasa Inggris di usia 10 tahun memperlihatkan peningkatan dalam struktur sumsum otak, dibanding mereka yang tumbuh hanya berbicara bahasa Inggris.

Ketua penelitian, Christos Pliatsikas mengatakan, menangani lebih dari satu bahasa setiap hari dapat berfungsi sebagai suatu stimulasi kognitif intensif yang memberikan manfaat bagi struktur otak yang terkait dengan bahasa, dan melindungi mereka dari kemunduran saat usia tua.

 

Video Editor: Casilda Amilah