Selasa 06 Jan 2015 00:08 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Betapa Berbahaya Hanya Duduk Sepanjang Hari

REPUBLIKA.CO.ID, KOLOMBIA -- Penelitian kembali menyoroti pentingnya aktivitas fisik untuk kesehatan. University of Missouri School of Medicine menemukan hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik sehari-hari dan kesehatan pembuluh darah. 

 Bahkan, hanya beberapa hari tidak aktif dapat menurunkan fungsi lapisan dalam pembuluh darah yang terletak pada kaki. Ini dapat menyebabkan disfungsi yang memiliki efek berkepanjangan.

 Para peneliti menemukan bahwa disfungsi vaskular yang disebabkan oleh lima hari tidak aktif, membutuhakan lebih dari satu hari untuk kembali ke aktivitas fisik, dan butuh setidaknya 10.000 langkah untuk kembali memperbaiknya.

 Paul Fadel, profesor farmakologi medis dan fisiologi mengatakan, "Ketidakaktifan biasanya akan meningkatkan berat badan dan obesitas. Langkah selanjutnya setelah itu adalah resistensi insulin yang menyebabkan diabetes dan penyakitnkardiovaskular"

 Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), lebih dari 29 juta orang Amerika hidup dengan diabtes. Angka tersebut diperkirakan akan terus meningkat. CDC memperkirakan sepertiga dari orang yang lahir setelah tahun 2000 akan memiliki diabetes tipe 2. 

 "Pengobatan terbaik adalah dengan menjadi lebih aktif. Jika Anda tidak menyadari betapa berbahayanya hanya duduk sepanjang hari dan tidak melakukan aktivitas apapun, gagasan itu membuktikannya, " ujar Fadel.

 

Video Editor: Casilda Amilah
Narator: Fian Firatmaja