Selasa 09 Jul 2013 09:04 WIB

Red: Sadly Rachman

Ibu Ani Ingatkan Generasi Muda untuk Tidak Konsumsi Narkoba

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bahaya penyalahgunaan narkoba terus mengintai anak muda. Ini yang kemudian menjadi perhatian serius ibu negara Ani Bambang Yudhoyono.

Bertepatan peringatan  Hari Anti Narkoba yang jatuh 26 Juni lalu, Ibu Ani didampingi Ibu Wapres, Herawati Boediono melakukan silaturahmi dengan ribuan pelajar dan mahasiswa, Kamis (20/6). Melalui kesempatan itu, ibu negara memaparkan pentingnya generasi pemuda terhindar dari konsumsi narkoba.

Acara berlangsungkan di UKM Convention Hall, Gedung SME Tower, Jakarta dengan dihadari ribuan pelajar  berasal dari 31 sekolah dan akademi di wilayah Jabodetabek.

Dalam arahannya, ibu negara Ani menuturkan akibat mengonsumsi narkoba, akan berdampak pada rusaknya sistem saraf dan juga sistem otak. Narkoba juga akan merugikan orang lain, bahkan akan merugikan bangsa dan negara.

Ketua II SIKIB Ratna Djoko Suyanto menuturkan bahwa pelaksanaan acara silaturahmi sesuai dengan arahan Ibu Negara pada rapat paripurna SIKIB pada bulan Januari 2013. Saat itu Ibu Ani menyampaikan pentingnya sosialisasi terhadap generasi muda agar terhindar dari bahaya narkoba.

Dalam laporannya, Ratna menjelaskan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Dharma Wanita Kementerian Hukum dan HAM. Acara ini didukung sepenuhnya oleh Pertamina. Dalam acara tersebut Pertamina juga memberikan bantuan berupa satu unit mobil sehat.

Sementara itu, Kepala BNN Irjen Pol. Anang Isnandar mengatakan jumlah pengguna narkoba dikalangan pemuda cukup besar. Jumlah ini bisa bertambah, apabila tidak dilakukan pencegahan sejak dini, apalagi varian narkoba di pasaran terus meningkat.

Kordinator PKBL Pertamina, Wahyu Suswinto mengatakan sedari awal Pertamina menaruh perhatian terhadap masalah penyalahgunaan narkoba. Untuk itu, Pertamina memberikan bantuan untuk mendukung kegiatan ini. Serta bantuan dalam upaya pencegahan, salah satunya mobil sehat ini.

Kegiatan silaturahmi diisi dengan sesi sharing pengalaman dengan drummer band Padi, Yoyo yang pernah terjerat bahaya narkoba. Selain itu Ibu Negara juga melakukan dialog dengan para pelajar. Adv