Sabtu 06 Apr 2013 22:15 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Lima dari Sekian Ribu Masjid Indah dan Megah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Terdapat ribuan masjid di seluruh dunia. Dari sekian ribu, ada lima masjid tergolong megah dan indah.

Seperti dikutip onislam.net, Rabu (3/4), kelima masjid itu antara lain Masjid Abu Al-Abbas Al-Mursi (Mesir), Masjid Qolsharif (Rusia), Masjid Biru (Turki), Masjid Ubdiah (Malaysia) dan Masjid Sheikh Zayed (UEA).

Masjid Abu Al-Abbas masuk dalam lima besar karena sangat bersejarah. Masjid ini dibangun pada tahun 1775. Nama masjid diambil dari ilmuwan Muslim pada era kejayaan. Hingga kini, bangunan masjid masih berdiri megah di Alexandria

Untuk masjid Qolsharif, masjid ini dipilih karena boleh dikatakan wujud dari kebangkitan dakwah Islam di Rusia. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 2005.  Khusus Masjid Biru, masjid ini dipilih menjadi lima masjid utama dunia lantaran mencerminkan kejayaan peradaban Islam di masa lalu. Di bangun pada awal 1600, masjid ini memiliki halaman dan beberapa pintu yang menakjubkan. Masuk ke dalam, tampak kubah besar yang dihiasi mosaik khas Turki.

Masjid selanjutnya adalah masjid Ubudiah. Masjid ini boleh dikatakan sangat bersejarah. Dibangun pada tahun 1917, masjid ini memiliki motif sederhana dengan kombinasi mosaik berwarna hitam, putih dan emas. Masjid terakhir adalah Masjid Sheikh Zayed. Masjid ini mencerminkan gaya arsitektur modern. Penampilannya yang megah dan indah menjadikan masjid ini sebagai salah satu landmark di Uni Emirat Arab.