Kamis 21 Jun 2012 15:28 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Bagaimana Membuat Anak Menjadi Juara?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menjamurnya sekolah Preschool di Jakarta, belum menjamin bahwa apa yang dibutuhkan anak-anak di usia dini terpenuhi. Padahal pendidikan usia dini memiliki peranan penting bagi perkembangan anak.

Executive Director Mindchamps Preschool, Vitta Datau mengatakan pada dasarnya setiap anak mampu menjadi juara. Pertanyaannya, bagaimana membuat anak menjadi juara. Untuk itu, lembaga pendidikan usia dini perlu fokus pada bagaimana membuat fondasi pada anak untuk menjadi juara.

Untuk mencapai tujuan utama itu, Vita mengatakan ada tiga hal yang perlu dimiliki Lembaga Pendidikan Usia Dini (PAUD). Pertama, kurikulum yang mengembangkan kualitas pikiran anak. Kurikulum yang baik, ungkap Vitta,tentu harus fokus pada pengembangan psikologis dan neurosystem pada anak.

Kedua, lanjutnya adalah trainer. Para trainer ini, menurut Vitta, memiliki peranan penting. Jadi, sumber daya yang ada harus mampu menerjemahkan kurikulum yang ada sehingga anak mampu merasakan manfaatnya.

Terakhir adalah playground. Menurut Vitta, Playground merupakan tempat bagi anak untuk melatih kemampuan mereka. Melihat dari fungsinya, keberadaan playground tentu tidak boleh dianggap sepele.

Pendidikan usia dini merupakan fondasi bagi anak sebelum melanjutkan tahapan pendidikan selanjutnya. Jadi, keliru bahwa pendidikan usia dini dianggap tidak penting.

 

Videographer: Agung Sasongko