Sabtu 15 Jan 2011 04:54 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Gereja di Tennessee ditunjuk Sebagai Masjid Darurat

REPUBLIKA.CO.ID, TENNESSEE--Toleransi beragama di Tennessee, Memphis, AS tengah bergeliat. Kehadiran komunitas Muslim di kota tersebut disambut hangat oleh mereka yang menganut Nasrani. Buktinya, Ketiadaan masjid tak membuat umat Muslim shalat di trotoar jalan pada hari Jumat. Beberapa gereja besar di sana, mengikhlaskan aulanya digunakan sebagai tempat shalat Jumat.

Gereja-gereja yang tergabung dalam Christ United Methodist Church merupakan pihak yang paling getol menggalakan toleransi diantara jamaah mereka. Gereja Heartsong di Cordova, Tennessee, misalnya, ditunjuk sebagai masjid darurat bagi kegiatan Ramadan karena  Islamic Center tengah diperbaikin. Hal yang sama juga dilakukan Aldersgate, gereja Methodist Amerika di Arlington, Virginia, di mana jemaat Islam disambut untuk menggunakan ruang gereja untuk shalat Jumat selama beberapa ulan.

Seperti dikutip Christian Todah, Jum'at (7/1), Muslim-Kristen di kawasan itu juga kerap melakukan kegiatan sosial bersama. Misalnya saja, membantu kaum papa saat Natal bulan lalu. Mereka juga beberapa kali bertamasya bersama.

Meski demikian, ada pula protes dari sebagian kecil warga Kristen yang menilai keakraban itu salah kaprah.

 

Courtesy of Youtube