Rabu 10 Nov 2010 23:51 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Imam Masjid New York Yakin Obama Rangkul Dunia Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Imam Besar Masjid al-Farah, New York, Faisal Abdul Rauf, menilai kunjungan Presiden AS, Barack Hussein Obama, ke Indonesia pada 9-10 November dapat menghasilkan solusi penting guna memperkuat jembatan antara dunia Islam dan barat. Menurut Rauf, Indonesia merupakan negara berpenduduk Muslim yang memiliki posisi sangat penting dalam dunia Islam. Karena itu, Rauf melihat Indonesia pun sangat penting bagi AS.

Sebelum kedatangan Obama ke Indonesia, masyarakat AS dan dunia Islam kembali mengalami benturan, terutama menyangkut rencana pemnbangunan Masjid Ground Zero yang berlokasi di bekas bangunan WTC, Manhattan, New York. Rencana itu segera memunculkan sentimen anti-Islam yang terwakili ide pastor Gereja Evangelis, Terry Jones, sang pencetus Hari Pembakaran Quran Sedunia.

Usaha Obama untuk merangkul umat Islam tampaknya tidak akan mudah. Pasalnya, dalam pemilu sela beberapa waktu lalu, Demokrat mengalami kehilangan banyak kursi di DPR dan Senat. Kekalahan Demokrat jelas menjadi pukulan Obama dalam usaha melakukan sejumlah perubahan.

 

Courtesy by Youtube