Kamis 19 Aug 2010 23:10 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Pendidikan Gratis Jurnalisme Online dari republika.co.id

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dunia maya merupakan wahana baru yang bisa dioptimalkan untuk berkarya. Pendidikan dan pengarahan yang cukup bisa membantu untuk menghindarkan diri seseorang terjerumus pada penyalahgunaan fasilitas di dunia maya atau internet. Berangkat dari hal itu, republika.co.id menggelar acara bertajuk Online Journalisme Class. Acara ini merupakan wujud komitmen republika.co.id sebagai jendela umat.

Kepala Republika Online, Irfan Junaidi, dalam sambutannya saat membuka Online Journalisme Class yang berlangsung di SMA Perguruan Cikini, Jakarta, akhir pekan lalu, menuturkan dunia maya bisa menjadi lahan kreatif bila dioptimalkan. Republika.co.id, sebagai laman komunitas Muslim terbesar di tanah air berkewajiban untuk memberikan pendidikan dan pengarahan terhadap masyarakat. Masyarakat yang dimaksud sebagai tahap awal adalah pelajar

(Quotes)

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Perguruan Cikini, Sarmawijaya, menyambut positif usaha republika.co.id dalam menjembatani usaha memberikan pendidikan internet yang sehat kepada pelajar.

(quotes)

Sedanngkan Country Editor Yahoo Indonesia, yang juga dedengkot bloger Indonesia, Budi Putra, kepada pelajar SMA Perguruan Cikini, Jakarta, dalam rangkaian acara Rol to School, Online Journalism Class 2010, mengharapkan para pelajar agar lebih aktif dalam dunia blog. Budi mengakui persoalan klasik masyarakat Indonesia adalah budaya membaca dan menulis. Namun, persoalan itu bisa diatasi dengan cara nge-blog.

Rol To School, Online Journalism Class merupakan program Corporate Social Responsibility republika.co.id dalam usaha memberikan pendidikan dan pengarahan internet sehat kepada masyarakat dengan jenjang pelajar. Materi yang diberikan antara lain pemanfaatan internet sebagai wadah kreatif, digital kreatif di internet, eksplorasi informasi melalui internet, serta kampanye internet sehat.

Acara berlangsung di setiap sekolah menengah atas dan kejuruan se-Jabodetabek. Untuk sekolah pertama yang dikunjungi republika.co.id adalah SMA Perguruan Cikini. Bagi sekolah yang tertarik untuk dikunjungi silakan mengklik www.republika.co.id lalu kirimkan email ke [email protected]