Ahad 09 Nov 2014 21:56 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Minum Susu Membuat Tulang Rentan Patah, Loh Kok?

REPUBLIKA.CO.ID, SWEDIA -- Susu sering disebut-sebut sebagai minuman terbaik untuk menjaga tulang agar lebih sehat. Namun, seperti banyak contoh lainnya, apa yang dianggap sehat untuk dikonsumsi justru bisa jadi sebaliknya.

Sebuah studi terbaru dari Universitas Uppsala di Swedia menunjukan bahwa minum susu menyebabkan angka kematian meningkat, dan bisa membuat tulang lebih rentan untuk patah. Sementara, keju, yogurt dan produk fermentasi lainnya tampak "aman".

Studi dilakukan di tiga kabupaten yang berbeda di Swedia dengan melacak lebih dari 100.000 orang. Para peneliti mengikuti partisipan wanita selama 20 tahun dan pria selama 11 tahun, mencatat berapa banyak dari mereka yang patah tulang dan meninggal.

Peneliti menyimpulkan bahwa tingginya asupan susu pada pria dan wanita dikaitkan dengan kematian yang tinggi, sedangkan wanita yang meminum susu lebih dari tiga gelas per harinya memiliki risiko fraktur yang lebih besar.

Penelitian tidak mengatakan susu seperti bahan beracun untuk tubuh, tetapi ini dapat memberi alasan agar lebih mengurangi jumlah pengkonsumsiannya.

Banyak orang meminum susu untuk mendapatkan kalsium atau nutrisi. Susu memang kaya akan kalsium, namun ada pilihan lain untuk kalsium tambahan, seperti yoghurt dan keju yang berada di daftar aman.

 

Video Editor & Narator: Casilda Amilah