Selasa 06 Feb 2024 23:09 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agung Sasongko

Bertemu Grand Sheikh Al-Azhar, Wapres Ajak Dunia Islam Bersatu untuk Palestina

REPUBLIKA.CO.ID,Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin bertemu dengan Grand Sheikh al-Azhar Ahmad Muhammad ath-Thayyib di Hotel Emirates Mandarin Oriental Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Senin (5/4/2024) waktu setempat. Ada beberapa hal yang disampaikan Wapres dalam pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, wapres mengajak agar pemimpin tertinggi al-Azhar turut mempersatukan negara-negara Islam agar menyudahi konflik dan peperangan di Gaza antara Israel dan Palestina. 

"Saat ini, kita bertemu dalam situasi yang memprihatinkan, terutama tragedi kemanusiaan yang terjadi di Gaza, Palestina. Dibutuhkan kesatuan suara dan tekad dunia Islam untuk menyelesaikan secara adil masalah Palestina,"kata Kiai Ma'ruf kepada wartawan usai pertemuan.

Kiai Ma'ruf menyampaikan kesedihan dan keprihatinan baik secara pribadi maupun atas nama bangsa Indonesia mengenai kekejaman Zionis Israel terhadap umat Islam di Palestina. Ma'ruf juga sedih karena dunia seakan tidak berdaya menghentikan tindakan brutal Israel terhadap masyarakat sipil Palestina. Wapres berharap dunia Islam bersatu agar konflik di Palestina selesai dan tidak ada lagi korban berjatuhan.