Senin 25 Sep 2023 11:36 WIB

Red: Agung Sasongko

Ketua DPR Imbau Pemerintah Gencarkan Sosialisasi Pencegahan DBD

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong pemerintah kembali memasifkan sosialisasi tentang bahaya ancaman virus DBD. Puan menekankan respons cepat pemerintah sebagai upaya pencegahan merebaknya penyakit DBD untuk menekan risiko kematian.

Puan menekankan untuk melakukan peningkatan akses keperawatan medis bagi masyarakat dan pemantauan kasus DBD, hingga edukasi mengenai gejala DBD. Selain itu juga pemerintah diminta konsisten untuk menebar pesan kepada masyarakat agar menguras, menimbun dan menutup (3M), serta menghilangkan sarang nyamuk di sekitar rumah-rumah penduduk dengan berbagai sarana dan fasilitas.

"Gerakan bersih-bersih lingkungan, termasuk membersihkan sampah, bak-bak penampungan air yang kerap menjadi sarang nyamuk, harus gencar dilakukan," tuturnya. Puan mengingatkan pemerintah untuk memasifkan sosialisasi ke masyarakat bahwa tenaga medis tersedia di seluruh wilayah di Indonesia dan dapat merespons cepat keluhan masyarakat terkait ancaman DBD. Hal ini dinilai dapat meredakan kegelisahan masyarakat dalam menangani kasus DBD.