Kamis 14 Jul 2016 22:13 WIB

Rep: Wisnu Aji Prasetiyo/ Red: Sadly Rachman

Printer Portable Pertama di Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JERUSALEM -- Memiliki perangkat printer super kecil atau portable merupakan dambaan bagi sebagian besar masyarakat dunia. Impian tersebut pun kini menjadi sebuah kenyataan.

Ilmuwan yang tergabung dalam Zuta Labs berhasil mengembangkan teknologi printer portable pertama di dunia. Printer tersebut diberi nama Pocket Printer. Dengan ukuran yang super kecil yakni tinggi 10 cm dan berdiameter 11.5 cm serta berat 300 gram, printer ini dapat dimasukan ke dalam kantong saku ataupun tas. Selain praktis, printer portable juga dapat digunakan dimana saja.

Desainnya pun sangat menarik, paduan bentuk menyerupai hati dibalut dengan warna hitam berukuran sebesar kepalan tangan, Pocket Printer ini sangat efektif bagi mereka yang membutuhkan secara mobile.

Penggunaannya pun sangat mudah, printer tersebut hanya disambungkan pada perangkat mobile ataupun komputer menggunakan konektivitas nirkabel. Sistem operasi yang dapat didukung untuk printer itu yakni Android, iOS, Linux, OS X dan Windows. Nantinya, Pocket Printer hanya diletakan di atas kertas yang diinginkan dan dengan sendirinya, printer akan berjalan mencetak barisan tulisan seperti yang tertera pada komputer maupun ponsel.

Untuk mencetak satu halaman penuh, Pocket Printer hanya membutuhkan waktu sekitar satu menit saja. Untuk ketahanan daya baterai, printer ini mampu digunakan selama satu jam. Printer itu sendiri dikabarkan akan dijual pada bulan Desember 2016 dengan kisaran harga sebesar Rp 3,8 juta.

 

Video Editor: Fian Firatmaja