Sabtu 28 May 2016 03:50 WIB

Red: Sadly Rachman

Menikmati Kesejukan dan Manisnya Kurma di Padang Pasir

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Kita sebagai umat muslim kelak memiliki kesempatan melakukan ibadah umrah dan haji. Dengan kekuatan niat serta ditopang kesabaran, Insha Allah, perjalanan ke Baitullah akan terlaksana. 

Nah, Republika sedikit berbagi pengalaman saat berkesempatan mengunjungi Tanah Suci. Selain menjalani aktivitas ibadah, ziarah, dan berkunjung ketempat bersejarah, biro perjalanan biasanya meyempatkan jamaah untuk singgah ke perkebunan kurma di Madinah.

Iklim Arab Saudi yang sangat panas, kebun kurma hadir menyuguhkan sensasi kesejukan bagi para jamaah. Ketika sampai ditempat ini kita tidak merasa sedang berada di tanah Arab yang gersang karena rimbunnya pohon-pohon kurma di sekitar kita. Uniknya lagi, dominasi para pedagang pun banyak berasal dari Indonesia.

Kebun kurma juga dilengkapi toko swalayan yang menjual beragam jenis kurma dan oleh-oleh khas dari negara Arab Saudi maupun negara-negara Timur Tengah lainnya.

Di tempat ini kita bisa membeli kurma dari harga yang termurah sampai yang termahal, termasuk kurma Ajwa (kurma nabi) yang sangat terkenal itu. 

Selain aneka kurma, toko ini juga menjual beberapa jenis manisan dan ragam coklat untuk buah tangan para jamaah. Bagi para ROLexplorer yang sedang menunaikan ibadah umrah maupun haji, sempatkan waktu mampir ketempat ini ya.

 

 

Videografer: Sadly Rachman