Kamis 05 May 2016 15:31 WIB

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Sadly Rachman

Ini 7 Cara Bersihkan Ginjal Anda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ginjal menjadi organ penting yang harus terus dijaga esehatan. Selain berfungsi membersihkan darah, ginjal juga membantu menghilangkan racun dan produk limbah yang masuk kedalam tubuh.

Guna membantu mebersihkan ginjal, ada bebarapa cara untuk membersihkan ginjal. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti buah dan sayur. Seperti dilansir dari Boldsky, berikut tujuh cara membersihkan ginjal anda.

 

Bersihkan dengan sayuran

Ada beberapa sayuran yang ternata memiliki khasiat membersihkan ginjal anda. Sayuran tesebut diantaranya adalah kangkung, bayam, wortel, selada, mentimun, dan seledri. Nutrisi dan antioksidan dari sayuran tersebut mampu mengeluarkan racun dalam tubuh Anda.

 

Menggunakan jus lemon

Beberapa studi menyatakan bahwa jus lemon dapat meminimalkan risiko batu ginjal . Minum jus ini secara teratur.

 

Mengkonsumsi buah

Jika Anda tidak nyaman dengan sayuran, Anda dapat mencoba buah-buahan seperti apel, persik, nanas, pir, dan jeruk.

 

Meminum jus cranberry

Jus cranberry dikatakan mencegah beberapa jenis infeksi saluran kencing. Pilih cranberry organik dan nikmati dengan cara dijus.

 

Meminum Campuran sari lemon dan cuka apel

Campur jus lemon, beberapa tetes cuka sari apel, secangkir air, dan mengkonsumsi sesekali. Campuran ini baik untuk ginjal Anda.

 

Konsumsi buah bit

Bit mengandung phytochemical yang sehat. Bahkan, jus bit dapat mengurangi kadar asam dalam urin Anda. Jadi, minum jus bit untuk meningkatkan fungsi ginjal.

 

Perbanyak minum air putih

Terakhir, langkah yang paling penting, minum cukup air pada interval reguler. Tanpa air, Anda bahkan tidak bisa bermimpi menjaga ginjal Anda sehat.

 

 

 

Video Editor: Fian Firatmaja