Rabu 04 May 2016 11:30 WIB

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Sadly Rachman

Robot Ini Bantu Mencari Kapal yang Karam 350 Tahun Silam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembuatan robot kian hari terus meningkat. Baru-baru ini sekelompok arkeolog bawah laut menggunakan robot bawah air untuk membantu ekspedisi kapal La Lune yang karam 350 tahun silam di lepas pantai Prancis.

Robot tersebut diberi nama OceanOne. Robot tersebut mampu menyelam di kedalam laut layakanya manusia. Hebatnya, pengendali robot yang berada di darat bisa merasakan apa yang robot tersebut rasakan di bawah air.

Seperti misalnya berat beban yang dibawa, kekuatan benda yang di sentuh, dan beberapa hal lainnya. OceanOne dilengkapi dengan kamera yang mampu mengantarkan visual robot dengan pengendalinya.

Robot tersebut bekerja dengan sensor taktil untuk memastikan tangan dari si robot tidak menghancurkan benda rapuh. Sementara itu sistem navigasi otomatis yang dibenamkan pada OceanOne dapat menjaga tubuh stabil di laut yang bergolak.

Awalnya, robot ini diciptakan hanya untuk mengeksplorasi laut dangkal dan memeriksa terumbu karang yang rapuh. Seiring waktu berjalan, robot itu kini mampu membantu mengeksplorasi bawah laut yang lebih dalam lagi.

 

 

Video Editor: Fian Firatmaja