Kamis 24 Mar 2016 16:48 WIB

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Sadly Rachman

Pesawat Berbahan Kertas, Apa yang Terbesit Dipikiran Anda?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membuat pesawat dari kertas pasti terbesit di pikiran Anda adalah kertas yang dilipat menyerupai pesawat. Akan tetapi, Luca Laconi-Stewart membawa pesawat terbang dari kertas ke tingkat yang lebih tinggi.

Ia membuat sebuah pesawat dengan kertas yang ia gunting, lem, dan tempel menyerupai aslinya. Tak hanya eksterior pesawat yang ia buat, interiornya pun dibuat sedemikian sama dengan aslinya dalam sala 1:60.

Hebatnya lagi, kursi yang dibuat berfungsi layaknya kursi sungguhan yang ada di pesawat, Kursi tersebut bisa dilipat dan digerakan. Tak hanya satu kursi pada satu kelas yang ia buat. Ia membuat kursi pesawat dari kelas ekonomi sampai first class.

Keunggulan dari seni yang Luca buat adalah detail. Hampir semua karya buatanya memiliki detail yang lengkap. Kemiripannya pun bisa dikatakan hampir 100 persen. Seperti dalam video ini, ia membuat replika pesawat dari maskapai Singapore Airlines. 

Luca tak mengurangi sedikit pun detail dari pesawat. Potongan-potongan kecil dirakit menjadi satu kesatuan. Hal ini yang membaut seni dari kertas buatan Luca bernilai tinggi.

 

 

Video Editor: Casilda Amilah