Jumat 22 Jan 2016 18:57 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Senjata Api Disita di Bandara AS Tahun 2015 Capai Rekor Tertinggi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC — Administrasi Keamanan Transportasi AS (TSA) mengatakan, 2,653 senjata api ditemukan di dalam bagasi kabin tahun 2015. Ini 20 persen lebih banyak dibanding rekor satu tahun sebelumnya. Lebih dari 82 persen senjata yang disita itu berisi peluru. 

"Membawa senjata api di atas pesawat komersial dalam bagasi kabin merupakan ancaman bagi keamanan dan keselamatan para penumpang," kata Administrator TSA Peter V. Neffenger, seraya menambahkan bahwa "dengan menggiatkan pelatihan deteksi, para petugas kami kini lebih mahir dalam menemukan benda-benda terlarang ini."

Dilansir VOA Indonesia, sebagian besar penemuan senjata api tahun 2015 itu di bandara-bandara internasional di seluruh negara Amerika. Bandara Dallas-Fort Worth, Texas menempati urutan tertinggi dalam daftar itu dengan 153 penyitaan, Hartsfield-Jackson Atlanta, Georgia, 144; bandara George Bush Houston, Texas, 100; Denver, Colorado, 90; dan Phoenix, Arizona, 73.

Segala bentuk senjata dilarang dibawa dalam bagasi kabin. Namun, para penumpang boleh membawa senjata ke dalam pesawat apabila disimpan dalam bagasi, tidak berpeluru, dikemas dengan sesuai dan diberitahu kepada maskapai penerbangan. 

 

 

Video Editor: Casilda Amilah