Jumat 06 Nov 2015 14:28 WIB

Rep: Mgrol52/ Red: Sadly Rachman

Junk Food Picu Penyakit Berbahaya

REPUBLIKA.CO.ID, ZEIST -- Sebuah penelitian menemukan bahwa 1.300 kalori sehari selama satu bulan sudah cukup untuk memicu sindrom metabolik yang berpotensi mengancam nyawa pada orang sehat. Seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, meningkatkan risiko  serangan jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Penelitian yang dilakukan  TNO, Mikrobiologi dan Sistem Biologi Group di Zeist, Belanda menganalisis dua kelompok relawan laki-laki, kelompok pertama 10 sukarelawan pria sehat, kelompok kedua sembilan relawan dengan sindrom metabolik, dan yang memiliki kombinasi dari dua atau lebih faktor risiko untuk penyakit jantung, kolesterol, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, lemak darah tinggi, dan lemak perut.

Sampel darah diambil dari semua peserta, sebelum dan setelah mengkonsumsi milkshake tinggi lemak. Peneliti kemudian mengevaluasi 61 biomarker dari sampel darah peserta dan menemukan bahwa proses biokimia yang berkaitan dengan gula dan metabolisme lemak, lalu peradangan yang abnormal pada sembilan orang dengan sindrom metabolik. Ini menunjukkan bahwa junk food dapat memicu penyakit berbahaya.

Bagi Anda penyuka makanan junk food, sebaiknya lebih mengurangi asupan yang masuk kedalam tubuh Anda. Kurangi makanan berminyak, ataupun manis yang akan berpontesi meningkatkan penyakit berbahaya.