Selasa 13 Oct 2015 18:00 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Atasi Kebakaran Hutan, Australia akan Kirim Pesawat Pemadam

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Australia akan mengirim pesawat pemadam kebakaran raksasa dan para penasihat terlatih untuk membantu Indonesia mengatasi kebakaran hutan yang membuat beberapa bagian Asia Tenggara tertutup kabut asap tebal.

Pesawat pemadam kebakaran Australia yang dikenal sebagai Thor dan mampu mencurahkan 15 ribu liter air sekali terbang itu diharapkan dapat mengatasi kebakaran di Indonesia dalam beberapa hari. 

Para pakar pemadam kebakaran dari udara negara bagian New South Wales dan Victoria - dua kawasan paling rawan kebakaran di dunia - juga akan dikirim.

Sekelompok pejabat Australia telah tiba sebelumnya di zona kebakaran pada akhir pekan lalu untuk menyiapkan kedatangan pesawat Tanker Udara Hercules buatan Lockheed itu.

Australia telah membantu Indonesia menangani ancaman bahaya kebakaran hutan sejak tahun 1990-an.

Tantangan-tantangan bagi para petugas pemadam akan luar biasa besar karena kebakaran di pulau Sumatera dan Kalimantan terus terjadi baik di atas maupun di bawah permukaan lahan gambut.

Singapura dan Malaysia telah siap membantu mengatasi kebakaran di Indonesia, yang juga meminta bantuan dari Jepang dan Rusia.