Senin 08 Jun 2015 23:19 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Jus Jeruk Bantu Pertajam Ingatan?

REPUBLIKA.CO.ID, BARRINGTON -- Memulai hari dengan meminum jus jeruk ternyata bermanfaat mempertajam ingatan. Penelitian ini datang dari University of Reading, yang menunjukkan bahwa dengan meminum lebih dari dua gelas jus jeruk setiap harinya dapat meningkatkan daya ingat, terutama pada orang tua.

Para ahli melibatkan 37 orang dengan rata-rata usia 67 tahun. Selama delapan minggu, partisipan diberikan setengah liter jus jeruk setiap harinya. Peneliti lalu melihat peningkatan hingga 8 persen pada fungsi kognitif mereka secara keseluruhan. Menurut para ahli, flavonoid yang terdapat dalam jeruk mampu meningkatkan memori melalui aktivasi jalur sinyal dalam hippocampus.

Meski begitu , beberapa juga mengkritisi temuan ini. Sebuah artikel yang diterbitkan oleh National Health Service di Inggris menuliskan penelitian ini terlalu kecil dan terbatas, karena hanya melibatkan orang dewasa sehat dan tanpa gangguan kongnitif. Mereka juga menunjukkan perbaikan fungsi kognitif yang disebutkan studi itu adalah hasil nilai gabungan, bukan berdasarkan tes individu.

 

 

Video Editor: Casilda Amilah