Jumat 29 May 2015 19:48 WIB

Red: Sadly Rachman

Melongok Pesona Gunung Tambora

REPUBLIKA.CO.ID, BIMA -- Jika Anda mengaku sebagai traveller, tak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi Gunung Tambora yang terletak di Kabupaten Dompu, Bima, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini memiliki pesona kawah yang indah dengan diameter 9 km dan kedalaman 1 km. Kawah tersebut dihasilkan dari aktivitas vulkanik yang sangat besar pada tahun 1815. Akibat dari letusan tersebut, Gunung Tambora menjadi terkenal di kalangan traveller lokal dan internasional. 

Jika menempuh perjalanan dari Ibu Kota Jakarta, Anda dapat memesan tiket pesawat langsung menuju Kota Lombok. Dari sana Anda dapat memesan travel atau menggunakan bus untuk menuju Kabupaten Bima. Selama perjalanan menuju Kabupaten Bima, Anda akan disungguhkan pemandangan yang sangat indah. Dari mulai pantai, tebing, dan padang savana yang luas. Perjalanan dari Kota Mataram menuju Bima kurang lebih dapat ditempuh selama 12 jam.

Ketika sudah sampai kota Bima, Anda bisa menggunakan bus atau biasa yang disebut angkel untuk menuju pos pendakian Gunung Tambora yang berada di Desa Pancasila. Jika ingin mendaki Gunung Tambora, Anda bisa langsung mendaftarkan diri ke pos pendakian.

Gunung Tambora memiliki lima pos, rata-rata pos ditempuh dengan waktu dua jam. Untuk keselamatan, disarankan bagi Anda yang ingin mendaki agar ditemani bersama porter, karena jalur di Gunung ini tidak begitu jelas. 

 

 

Video Footage: Raisan Alfarisi
Video Editor: Casilda Amilah