Sabtu 16 May 2015 19:27 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Kekerasan Pelajar, Harus ada Peran Sekolah dan Orang Tua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tindak kekerasan di lingkungan sekolah masih banyak terjadi. Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budiman mengatakan perlu ada perhatian khusus. 

Ia menuturkan pihaknya ingin mencoba mengaktifkan peran dari kepala sekolah untuk bisa menegakkan tata tertib di sekolah dengan sebaik-baiknya. Selain peran sekolah, menurut Arie, orang tua juga harus mengetahui dan memahami bagaimana perilaku anak tidak hanya di sekolah, tapi juga di luar sekolah.

Arie menjelaskan kekerasan merupakan pelanggaran tata tertib serius yang harus dibenahi dan diperbaiki secara bertahap. Menurut dia, masalah ini sudah mendesak sehingga harus dilakukan secepatnya. Untuk itu, selain memberikan arahan kepada sekolah dan orang tua, dinas pendidikan berencana akan bekerja sama dengan pihak kepolisian setempat untuk melakukan pengawasan apabila sudah menyangkut kepada tindakan kriminalitas. 

Jika masih ada anak yang melakukan kegiatan menyimpang, Arie memastikan akan mengembalikan kepada orang tua atau mengeluarkannya dari sekolah.

 

 

 

Videografer & Video Editor: Casilda Amilah