Sabtu 09 May 2015 14:27 WIB

Red: Sadly Rachman

Helikopter Jatuh di Pakistan, Tujuh Tewas Termasuk Istri Dubes Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, PAKAISTAN -- Sedikitnya tujuh orang tewas, termasuk beberapa duta besar dan istri duta besar, dalam kecelakaan di bagian utara Pakistan. Duta Besar Norwegia untuk Pakistan Leif H. Larsen dan Duta Besar Filipina untuk Pakistan Domingo D. Lucenario Jr adalah dua diantara korban tewas. Termasuk istri duta besar Indonesia dan Malaysia.

Beberapa pejabat mengatakan helikopter itu jatuh di Naltar Valley, hari Jumat (8/5). Dua pilot dan awak helikopter juga tewas.

Juru bicara tentara Pakistan Mayjen. Asim Bajwal mengatakan lewat Twitter bahwa Duta Besar Polandia dan Belanda berhasil selamat, meski luka-luka.

Taliban Pakistan mengklaim bertanggungjawab menembak jatuh helikopter itu dengan mengatakan mereka sebenarnya menarget Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif.

Namun stasiun televisi pemerintah Pakistan mengutip Menteri Pertahanan Khawaj Asif mengatakan kecelakaan itu “tampaknya akibat masalah teknis dan bukan karena tindakan teroris apapun”.

Kantor Perdana Menteri Pakistan mengatakan Nawaz Sharif sedang berada dalam penerbangan menuju daerah Gilgit sewaktu kecelakaan helikopter itu terjadi, namun segera kembali ke Islamabad setelah menerima kabar insiden tersebut.

Dalam pernyataan tertulisnya, Perdana Menteri Nawaz Sharif menyampaikan “duka cita dan kesedihan yang mendalam atas insiden tragis itu”. Sharif juga menyampaikan “belasungkawa kepada korban insiden tersebut”.