Jumat 28 Nov 2014 23:38 WIB

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Sadly Rachman

Menang Besar Garuda Tetap Tersingkir, 'Sakitnya tuh Disini'

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Meski menang besar atas Laos (5-1), Indonesia tetap tak lolos ke babak semifinal Piala AFF 2014. Hal ini lantaran Vietnam berhasil membungkam Filipina dengan skor 3-1. Ibarat sebuah lagu, melihat hasil Indonesia 'sakitnya tuh disini'.

Lagu yang dipopulerkan oleh Cita Citata itu menggambarkan bagaimana rasa sakit di dalam hati yang cukup mendalam. Hal itu senada dengan melihat laju tim nasional Indonesia. Berbekal pemain yang mumpuni, Indonesia diprediksi bisa melangkah lebih jauh dari yang dicapai sekarang.

Akan tetapi kenyataan tak seindah dengan pengharapan. Indonesia harus tersingkir di fase grup. Keadaan ini benar-benar membuat pendukung Indonesia merasa sakit.

Gol Indonesia sendiri diciptakan oleh Evan Dimas pada menit ke-delapan. Selanjutnya ada Ramdhani Lestaluhu yang mencetak dua gol pada menit ke-20 dan ke-50.

Dua pencetak gol lainnya adalah Zulham Zamrun pada menit ke-81 serta gol bunuh diri pemain Laos, Ketsada Souksavanh pada menit ke-88.Laos hanya mampu membalas satu gol oleh Khampeng Sayavuthi pada menit ke-28 melalui titik putih.

Pertandingan melawan Laos benar-benar menunjukan kekuatan dari Indonesia. Tim Garuda mampu bermain taktis dan superior meski hanya bermain 10 orang dengan di kartu merahkannya Supardi pada menit ke-27.