Selasa 14 Jan 2014 21:00 WIB

Red: Sadly Rachman

Albert Dock, Kisah The Beatles Hingga Bangunan Rangka Baja Pertama

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Butuh satu jam perjalanan kereta dari Manchester untuk tiba di Liverpool. Tepat pukul 08.00 pagi, saat itu suhu udara di Liverpool mencapai 7-9 derajat Celcius.

ROL tak membuang waktu lama untuk langsung menuju kawasan Albert Dock. Inilah destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan ke Inggris, setelah London. Di sini terdapat berbagai atraksi wisata mulai dari, museum, arena konvensi, wheel, hotel, hingga pusat belanja.

Albert Dock adalah bangunan bekas gudang dan galangan kapal terpadu pertama yang dibangun di dunia. Dibuka pertama kali oleh Prince Albert, suami Ratu Victoria pada tahun 1846.

Bangunan dock dan pergudangan ini tercatat sebagai bangunan pertama di Inggris yang menggunakan rangka baja, batu bata dan granit sebagai bahan bangunan utamanya. Pada masa itu bangunan gudang dan dock kebanyakan menggunakan rangka kayu.

Albert Dock menjadi kawasan perniagaan pertama Inggris yang berkaitan dengan Industri Maritim. Karenanya tak heran bila Unesco menetapkan Albert Dock sebagai World Heritage Maritime Mercantile City.

Bagi penggemar The Beatles ini adalah 'surga' mereka. Disini ada museum The Beatles Story yang dibuka pada bulan Mei 1990. Museum yang menyimpan memorabilia Beatles sejak berdiri sampai akhirnya John Lenon dan Paul Mc Carney bersolo karir. Museum lain yang bisa dikunjungi di kawasan ini adalah museum Marseyside Maritime.

Mau lihat sejarah panjang kawasan galangan kapal dan maritime di Inggris, ini adalah tempatnya. Jika Anda penyuka seni mampirlah ke Tate Liverpool. Di sini disimpan benda seni dari abad ke 16 sampai seni kontemporer sekarang ini.Untuk melihat kawasan Albert Dock, anda bisa naik bianglala (Wheel) dengan 42 Gondola ini. Konon, bianglala di kawasan Echo-arena ini terbesar setelah bianglala London Eye.

Jika takut ketinggian kawasan ini juga bisa dilihat dari air dengan menumpang Duck Tour. Anda akan diajak mengitari Merseyside River, menyusuri kanal-kanal tempat beberapa galangan kapal tua yang masih tersisa.

 

Videografer: Fafa
Lagu: Drive My Car/Get Back (The Beatles)