Ahad 12 Jan 2014 13:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Merpati Cantik Masjid Nabawi

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Serupa di Masjidil Haram, Masjid Nabawi juga menjadi 'rumah' ratusan burung merpati. Mereka banyak dijumpai dan berkerumun di sekitar halaman masjid Nabawi.

Pemandangan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi jamaah umrah. Ada jamaah yang akhirnya membeli sekantung biji jagung guna memberi makan para buru merpati. Setiap kantung biji jagung dibanderol 1-2 riyal.

Sebuah riwayat menyebutkan merpati di Makkah, berhubungan dengan sejarah hijrah Nabi Muhammad. Saat Rasulullah bersama sahabat Abu Bakar dikejar kaum Quraisy, keduanya bersembunyi di Gua Hira.

Begitu Rasulullah dan Abu Bakar di dalam, pintu gua langsung dipenuhi sarang laba-laba. Saat bersamaan, burung merpati pun bertelur. Kaum Quraisy memastikan tidak mungkin seseorang bisa bersembunyi di dalam gua itu. Rasulullah dan Abu Bakar pun lolos dari maut.

Sebagian penulis sejarah Arab menduga merpati yang ada di sekitar Masjidil Haram dan Madinah adalah keturunan sepasang merpati yang dulu membangun sarang di Gua Hira.