Ahad 10 Nov 2013 21:06 WIB

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Sadly Rachman

Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Memotret di Bawah Air

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bawah laut selalu menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Tak mengherankan banyak orang ingin mengabadikan gambar bawah laut. Bagi yang ingin mencoba mengabadikan keindahan bawah laut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Kunci utama sukses melakukan pemotretan dibawah air adalah kemampuan fotografer untuk menyelam. "Kalau mau foto underwater, fotografer harus bisa menyelam, bisa nguasain keadaan di dalam air jadi gak panik. Baiknya fotografer pakai tabung oksigen dalam melakukan pemotretan," papar Hartono Hosea, fotografer underwater profesional.

Terlebih lagi foto bawah air dengan objeknya seorang model. Fotografer dipastikan harus tetap berada dibawah air guna tak tertinggal setiap momen yang terjadi. 

Hartono menambahkan, hal lain yang tak kalah pentingnya adalah kemampuan menguasai kamera. Jadi saat dibawah air sudah tau teknik-teknik foto yang harus dilkukan.

"Untuk pengambilan foto di bawah air hampir sama dengan di darat, Tak ada trik-trik khusus yang harus dilakukan. Pada dasarnya bila bisa melalkukan foto di darat  maka bisa melakukan foto di bawah air," pungkas Hartono.

 

Videografer: Fian Firatmaja