Kamis 24 Oct 2013 17:41 WIB

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Sadly Rachman

Transformasi Industri, Picu Lahirnya Cloud Computing

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebutuhan penyimpanan data dewasa ini semakin membutuhkan perangkat dengan kapasitas yang besar. Akan hal tersebut, Microsoft ingin fokus dalam layanan cloud computing.

Hal ini sejalan dengan visi dari Microsoft secara global yang ingin menjelaskan keadaan industri sekarang, dimana telah ada perubahan transformasi industri.  

"Ada tranformasi yang terjadi, dimana tahun-tahun sebelumnya tranformasi itu mainframe, pc, pc ke client server dan lain-lainnya. Sekarang ini transformasinya berawal dari people, " papar Risman Adnan selaku Direktur Developer, Platform & Evangelist Microsoft Indonesia.

Dengan adanya tranformasi industri, cloud computing akan menjadi suatu produk yang dicari oleh konsumen. Microsoft sendiri memiliki beberapa layanan cloud computing seperti Windows Server 2012 R2, System Center 2012 R2, Visual Studio 2013, Windows Azure, SQL Server 2014, Windows Intune, dan Microsoft Dynamics NAV 2013. Kesemuanya berjalan di atas platform Microsoft Cloud OS.

Microsoft kini tengah mengadakan "Microsoft TechDays" di Balai Kartini, Jakarta, 23-24 Oktober. Selama dua hari, Microsoft TechDays menyuguhkan berbagai kegiatan. Diantaranya, konferensi, eksibisi dan pendalaman teknologi terbaru. Lebih dari itu, Microsoft TechDays juga menjadi ajang demo dari perangkat teknologi berbagai merek yang menggunakan layanan Windows 8 dan 8.1.

 

Videografer: Fian Firatmaja
Video Editor: Kingkin Jiwanggo