Jumat 04 Oct 2013 11:21 WIB

Red: Sadly Rachman

Pemanfaatan Kalkulator Sains Hadir di Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI—Perkembangan teknologi perlu dimanfaatkan guna menunjang kegiatan belajar mengajar, utamanya dalam bidang sains. Sifat menunjang itu tidak dimaksudkan menghilangkan kemampuan anak memahami konsep tetapi sebaliknya mempermudah anak menerapkannya.

Harus diakui, tidak semua guru dan pelajar yang paham terkair pemanfaatan kalkulator. Belum lagi,  masih ada anggapan miring tentang kehadiran teknologi, seperti misal kalkulator. Ini yang kemudian membuat guru dan anak didik ragu-ragu memanfaatkannya.

Atas latar belakang itu, PT. Kasindo Graha Kencana (Casio Indonesia) perlu melakukan sosialisasi pemanfaatan kalkulator dalam kegiatan belajar mengajar. Di Sukabumi, Jawa Barat, Casio menggelar sosialisasi kepada Kelompok Musayarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Dalam sosialisasi itu, para guru diberikan informasi bagaimana operasionalisasi penggunaan kalkulator dalam pendidikan. Selanjutnya, para guru membuat soal dengan perhitungan melalui kalkulator. Yang menarik, tidak semua guru bisa mengoperasikannya dengan mudah. Tak sedikit yang akhirnya merasa terkejut dengan kemampuan kalkulator saat ini.

Para guru menilai pemanfaatan kalkulator ini dapat lebih memotivasi siswa, dengan catatan guru harus kreatif dalam memilah soal mana yang membutuhkan bantuan kalkulator. Mereka optimis, pemanfaatan kalkulator ini akan mendorong optimalisasi pembelajaran sains pada anak-anak didiknya. Adv