Senin 20 Jun 2011 16:50 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Mmm...Nikmatnya Es Goyang

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta - Es lilin atau yang dikenal dengan es goyang kini semakin sulit ditemukan di Jakarta. Keberadaannya larut dengan jajanan es krim yang semakin populer. Es yang memiliki dominan rasa santan atau variasi rasa coklat, kacang hijau dan strawberi dengan harga yang ekonomis, menjadikan es goyang favorit jajanan es di era 1980 hingga 1990-an.

Lantaran cara membuatnya harus digoyang-goyang, membuat es gurih nikmat itu disebut es goyang. "Disebut es goyang karena cara membuatnya memang mesti digoyang-goyang terlebih dahulu biar es didalamnya cepat jadi," tutur pedagang es goyang, Kang Ano kepada Republika Online.

Selain rasa, cara membuat es goyang diakui Kang Ano juga menjadi daya tarik utama. Dengan berbekal bahan seperti tepung beras, gula, santan kelapa dan bahan rasa seperti coklat, strawberry atau kacang hijau. Kemudian, papar Kang Ano, rebus santan hingga matang, kemudian masukan campuran tepung beras, gula dan bahan perasa. Usai menyatu, diamkan hingga diingin. Lalu, masukan adonan ke dalam wadah cetakan es goyang dan diamkan sekitar 15 menit lantas digoyang-goyang, jadilah es goyang yang menyegarkan, Simak liputannya. (Klik Video )

 

Photo by Google