Jumat 17 Jun 2011 16:58 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Liburan Sekolah Tiba, Masa Rentan Anak Terserang Penyakit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Liburan sekolah telah tiba. Saatnya anak-anak untuk menikmati liburan. Namun, perlu diperhatikan. Masa liburan merupakan masa rentan bagi anak-anak beragam penyakit. Salah satunya, obesitas atau bisa saja diabetes.

Spesialis anak endoktrin Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta, dr Aman Bhakti Pulungan SpA (K) mengatakan masa liburan, utamanya yang berlangsung pada bulan Juni-Juli dan Januari Desember, anak-anak tidak terkontrol dalam hal makanan dan aktivitas. Itu sebabnya, anak-anak rentan terkena penyakit apabila kondisi ini tidak mendapat perhatian para orang tua.

 Amman menjelaskan anak-anak pada saat liburan mengkonsumsi berbagai jenis makanan tanpa diimbangi dengan aktivitas olahraga. Akibatnya, sari-sari makanan termasuk didalamnya glukosa terserap dengan cepat dalam pembuluh darah.  Kondisi itu secara otomatis akan menyebabkan terjadinya penimbunan lemak dalam jaringan. Proses penimbunan ini  selanjutnya menyebabkan kenaikan berat badan.

Sebab itu, Amman menyarankan, agar orang tua memperhatikan betul aktivitas makan dan minum anak. Disarankan, orang tua membuat semacam daftar makanan berikut jumlah kandungan kalorinya untuk anak. Kalau perlu, orang tualah yang menyiapkan bekal sehingga bisa terukur jumlah kalorinya. ( klik video )

 

Photo Stock by Google