Rabu 20 Oct 2010 23:55 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Jamaah Calon Haji Cina Mulai Mendarat di Tanah Suci

REPUBLIKA.CO.ID, LANZHOU--Rombongan besar jamaah calon haji asal Cina mulai meninggalkan negaranya menuju tanah suci Makkah, Arab Saudi. Sebanyak 332 pesawat telah dipersiapkan untuk mengangkut jamaah calon haji yang berjumah 13.000.

Pesawat pertama telah lepas landas dari Bandara Zhongcuan, Lanzhaou, ibu kota Provinsi Gansu, Utara Cina, Senin (18/10) siang. Saat ini pun, sebagian rombongan sudah mendarat di tanah suci.

Presiden Cina Islamic Institute, Yang Shuli, menuturkan pemerintah Cina telah melakukan persiapan akhir berupa cek kesehatan kepada jamaah calon haji. Di samping itu, pelatihan bertahan hidup di tanah suci juga diberikan secara khusus.

Kepala Asosiasi Islam Gansu, Ma Youcheng, mengutarakan kekhawatirannya ihwal kesiapan jamaah calon haji. Menurut dia, kebanyakan calon haji asal Cina berasal dari daerah terpencil yang terbatas dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab.

Jumlah jamaah haji Cina dari tahun ke tahun semakin meningkat. Pada tahun 2007, jamaah dari Cina mencapai 10.000 orang. Kini, tiga ribu lebih banyak dari angka itu. Di tahun mendatang, jamaah calon haji asal negeri komunis itu bakal terus meningkat.

 

Courtesy by Youtube