Selasa 15 Jun 2010 00:09 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Satu Abad Muhammadiyah, Wujud Instropeksi Melintasi Zaman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pimpinan Pusat Muhammdiyah segera menggelar muktamar satu abad atau muktamar ke-46. Muktamar direncanakan berlangsung di Jogyakarta, 3-8 Juli 2010.

Muktamar kali ini mengangkat tema "Gerak Melintasi Zaman : Dakwah dan Tajdid Menuju Peradaban Utama.  Tema ini merupakan bentuk refleksi warga muhammadiyah ketika melewati, menjalani, menapaki dan  menghadapi masa atau keadaan sejak kelahirannya hingga usia ke 100 tahun.

Ketua PP Muhammadiyah, Muhammad Haedar Nashir menuturkan pelaksanaan muktamar merupakan wujud instropeksi perjalanan muhammadiyah dalam melintasi zaman selama satu abad atau masa selanjutnya. Tak hanya itu, pelaksanaan muktamar diharapkan mampu meneruskan pergerakan muhammdiyah sebagai gerakan islam yang senantiasa istiqomah mengemban misi dakwah dan tajdid untuk mewujudkan peradaban utama.

Adapun agenda utama yang bakal dilaksanakan dalam muktamar ini adalah putusan-putusan muktamar yang amanat dan arah bagi pimpinan pusat muhamadiyah dan perjalanan muhammadiyah periode 2010-2015.

Menurut rencana, muktamar bakal dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  dan ditutup oleh Wakil Presiden Boediono.