Senin 14 Oct 2024 16:55 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Fian Firatmaja

Pusat Persemaian Liang Anggang Diresmikan, Kontribusi Adaro pada Penanganan Lahan Kritis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk, Garibaldi Thohir berbicara setelah penandatanganan Peresmian Pusat persemaian di Liang Anggang, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel). Adaro berkolaborasi dengan pemerintah.

Pertama-tama ia bersyukur semuanya berjalan lancar. Garibaldi mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak. Khususnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pada akhirnya pembangunan pusat persemaian yang berkapasitas 10 juta ton bibit per tahun itu, selesai.

"Kami sangat bangga mendapat kesempatan untuk menjalankan amanah dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk membangun dan mengelola pusat persemaian ini," kata Garibaldi Thohir atau yang akrab disapa Boy Thohir dalam keterangan resmi PT Adaro Energy Indonesia, Senin (14/10/2024).

Dengan demikian, lanjut dia, Adaro ikut berkontribusi pada penanganan lahan kritis di berbagai wilayah, serta turut membantu Indonesia dalam upaya penanganan perubahan iklim global. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun fasilitas persemaian dengan skala besar di setiap provinsi. Cara demikian dapat mendukung pemulihan melalui rehabilitasi hutan dan lahan, termasuk reklamasi areal/lahan bekas tambang.

 

Video Editor | Fian Firatmaja