Kamis 19 Jan 2023 06:37 WIB

Red: Wisnu Aji Prasetiyo

3 Orang Tewas, 10 Terluka Akibat Ledakan Kapal Tanker di Thailand

REPUBLIKA.CO.ID, THAILAND — Ledakan kapal tanker minyak di Provinsi Samut Songkhram, Thailand tengah, menewaskan sedikitnya tiga orang.

Ledakan tersebut terjadi sekitar pukul 09.15 waktu setempat ketika kapal tanker yang berlabuh di galangan kapal di Sungai Mae Klong di Distrik Muang meledak dan menyebabkan kebakaran. Wakil Sekretaris Tetap Kementerian Transportasi Thailand Sorapong Paitoonpong mengatakan identitas korban tewas tidak dikonfirmasi. Namun, api berhasil dipadamkan dan tim penyelamat mengintensifkan pencarian terhadap korban yang terluka dan hilang.

Sedikitnya 10 orang lainnya terluka dalam insiden itu. Kapal tanker dengan kapasitas 2.998 tonase bobot mati (deadweight tonnage/dwt) itu membawa 30.000 liter bahan bakar minyak pada saat ledakan terjadi. Pihak berwenang menduga kapal tanker itu tidak dibersihkan secara menyeluruh dan dikosongkan bahan bakarnya sebelum memasuki galangan kapal, yang menyebabkan ledakan. Investigasi terhadap penyebab insiden tersebut sedang berlangsung, dan temuan awal akan diumumkan dalam 10 hari.

 

 

Video Editor | Wisnu Aji Prasetiyo