Senin 01 Feb 2021 06:20 WIB

Rep: Havid Al Vizki/ Red: Wisnu Aji Prasetiyo

Ragam Rasa: Soto Jakarta, Warisan Sejak Zaman Soeharto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ragam budaya serta cita rasa masakan semuanya berkumpul di ibu kota DKI Jakarta. Mulai dari masakan paling pedas dan masakan paling manis, semua ada di Jakarta dan masyarakat bisa dengan bebasnya memilih makanan yang ia inginkan.

Berbicara tentang cita rasa kuliner, hal yang paling sulit untuk dijalani dalam menjaga cita rasa adalah bagaimana menjaga warisan atau budaya dari para pendahulu. Bukan harta atau jabatan, Muhammad Ridwan pria asli kelahiran Gandaria itu wariskan berupa masakan sejak tahun 80-an.

Masakan yang diwariskan pun tidak banyak, hanya satu macam dan satu rasa. Masakan itu dari dulu hingga saat ini dikenal dengan nama Soto Jakarta. Mewariskan cita rasa dari leluhurnya merupakan suatu amanah yang harus ia jaga dan ia teruskan kepada anak dan cucunya nanti. Namun, di tengah kondisi pandemi saat ini dan keraguan untuk mewariskan masakan tersebut menjadi renungannya.

Ragam rasa, sebuah program kuliner dari Republika TV menampilkan kisah serta cerita-cerita makanan yang ada di nusantara. Dan pada kali ini kami membagikan kisah tentang Soto Jakarta Bang Madun yang berlokasi di Jalan Barito 1.

 

 

Videografer | Havid Al Vizki, Muhammad Rizki Triyana

Video Editor | Havid Al Vizki