Sabtu 02 Apr 2016 18:00 WIB

Rep: Damanhuri Zuhri/Agung S/ Red: Agung Sasongko

Geliat Menghafal Alquran di Kampung Quran

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Puluhan bocah, mengenakan busana muslim, laki-laki mengenakan baju koko lengan panjang dan celana panjang serta berpeci, dan wanita mengenakan busana muslimah, tampak khusyuk mengikuti bimbingan belajar Alquran di Saung Quran, Kampung Quran Merapi, Dusun Kali Tengah Kidul, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Sambil duduk rapi di dalam ruangan seluas 4x6 meter yang dindingnya hanya terbuat dari bilik bambu, para bocah tersebut dengan fashihnya melafalkan surat-surat pendek mulai surat An-Naas hingga surat Al Qari'ah di bawah bimbingan Ustaz Aryo.

Pria pemilik nama lengkap Nur Aryanto yang berasal dari Temanggung, Jawa Tengah ini, mengaku sangat bahagia berada bersama anak-anak Merapi yang belajar dan menghafal Alquran.

''Ketika mendengar anak-anak bisa membaca Alquran, kemudian menghafalkannya serta melakukan //muraja'ah// (pengulangan), hati sangat sangat gembira dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata,'' ungkap Ustaz Aryo, begitu ia akrab disapa kepada Republika, Jumat (15/1).