Selasa 21 Jul 2015 18:37 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Notifikasi Ponsel Berbahaya

REPUBLIKA.CO.ID, TALLAHASSEE - Sebuah penelitian dari Florida State University menemukan bahkan hanya dengan menyadari adanya notifikasi dari ponsel bisa mengalihkan fokus seseorang, meskipun mereka telah mencoba untuk mengabaikannya. Tingkat gangguan yang didapat sama seperti ketika mereka menjawab telepon atau membalas pesan masuk itu. 

Studi ini merupakan penelitian pertama yang melihat akibat ketika sesorang sadar mendapat panggilan tak terjawab atau pesan masuk. Beberapa dokter melihat implikasi ini berbahaya, terutama untuk para pengemudi. 

Untuk penelitian ini, para ahli melibatkan 212 siswa dan meminta sejumlah informasi seperti nomor telepon dan email. Peserta kemudian diminta untuk menyelesaikan SART, yang dapat mengukur kemampuan seseorang untuk fokus pada satu tugas tanpa memikirkan hal lain. 

Hasilnya, ada peningkatan kesalahan sebanyak 28 persen ketika peserta sadar telah menerima panggilan telepon dan pesan masuk. Para peneliti juga menemukan memikirkan untuk melakukan sesuatu juga cukup mengganggu kinerja seseorang.

Penulis utama penelitian ini, Cary Stothart mengatakan meskipun notifikasi umumnya berdurasi pendek, namun terbukti merusak kinerja seseorang. "Gangguan sedikit juga dapat berpotensi mengancam nyawa jika terjadi pada waktu yang salah."

 

 

Video Editor: Casilda Amilah