Senin 18 May 2015 21:45 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Soal Kerukunan Umat Beragama, Indonesia Bisa Jadi Contoh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR Zulkifli Hasan menghadiri acara pembukaan Rakornas Kerukunan Umat Beragama Majelis Ulama Indonesia (MUI), Senin (18/5). Dalam sambutannya, Zulkifli menuturkan keberagaman di Indonesia adalah karunia dari Allah SWT. 

Menurut dia perbedaan yang ada bisa dijadikan satu keunggulan dan hikmah yang menjadi satu kekuatan bagi bangsa. Mengenai persoalan kerukunan umat beragama, Ia mengatakan, Indonesia pantas menjadi contoh bagi negara-negara lain, termasuk negara maju seperti Amerika dan Eropa. 

Meski begitu, Zulkifli mengingatkan untuk terus menjaga kesatuan dan kerukunan. Ia mengatakan sudah kewajiban bagi umat beragama untuk menjaga toleransi, ketertiban dan kedamaian, serta menjadikan empat konsesus Indonesia menjadi perilaku dan budaya sehari-hari. Kalau sudah selasai, Ia menuturkan, Indonesia bisa fokus pada persoalan lain. 

Zulkifli yakin bangsa Indonesia akan menjadi negara yang maju, hebat dan meninggalkan negara lain. Menurut dia Indonesia punya potensi yang luar biasa.

 

 

Videografer & Video Editor: Casilda Amilah