Rabu 04 Mar 2015 21:04 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Fujitsu Kembangkan Ponsel dengan Pemindai Iris Mata

REPUBLIKA.CO.ID, JEPANG -- Perusahaan pembuat ponsel pintar saling bersaing ketat untuk mengembangkan produknya. Apple dan Samsung bertaruh pada ponsel andalan mereka yang dilengkapi dengan pemindai sidik jari.  Namun, Fujitsu mengambil rute yang berbeda. 

Perusahan asal jepang ini telah mengembangkan cara baru, yakni sistem autentikasi iris mata yang dapat membuka layar ponsel hanya dengan melihat. Dengan cara yang sama, pengguna dapat memasuki Facebook, email atau layanan web lainnya.

Autentikasi iris dalah jenis Autentikasi biometri yang mirip dengan pemindai sidik jari. Pola iris mata tidak akan berubah dan sulit untuk terluka atau dipalsukan. Cara ini dapat memudahkan pengguna saat kesulitan menggunakan tangan, seperti pada saat sedang mengenakan sarung tangan atau tidak bisa menggunakan sidik jari.

Fujitsu membuat pemindai mini dibagian depan ponsel. Teknologi dengan pemindai iris mata sudah ada sebelumnya, namun telalu besar dan tidak cukup kuat untuk ponsel atau tablet. Sensor akan bekerja pada jarak normal penggunaAN ponsel, yakni sembilan inci atau 22 cm.

 

Video Editor: Casilda Amilah