Selasa 24 Feb 2015 11:28 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Makan Malam Berbahaya Bagi Otak?

REPUBLIKA.CO.ID,  CALIFORNIA -- Makan yang Anda tunda sampai larut malam atau semangkuk es krim yang tidak bisa Anda tolak sebelum waktu tidur, ternyata dapat mengacaukan kepala Anda. 

Para ahli mempelajari jam tubuh manusia dan menemukan makan pada waktu yang salah, terutama saat waktu tidur, dapat mengganggu pembelajaran dan memori.

Mengacaukan siklus tidur adalah sesuatu yang buruk untuk kesehatan Anda. Professor psikiatri di Universitas California, Christopher Colwell mengatakan  hal ini dapat memicu diabetes tipe dua dan masalah sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga dapat mempengaruhi fungsi kognitif, terutama mekanisme memori dan belajar.

Dalam penelitian, Colwell dan rekannya  melibatkan sejumlah tikus dan membaginya kedalam dua kelompok. Tikus pada kelompok satu makan seperti waktu biasanya. Sementara tikus pada kelompok lain hanya boleh makan pada jam tidur. Semua tikus makan dan tidur dengan jumlah yang sama.

Setelah beberapa minggu, tikus-tikus ini diberikan tes. Hasilnya, tikus yang makan pada jam tidur, kemampuan mengingat apa yang dipelajari terancam. Mereka juga memiliki lebih banyak kesulitan mengenali objek baru dan menunjukkan perubahan pada hipokampus --daerah otak yang terlibat dalam proses belajar dan memori.

Colwell mengatakan penelitian ini mengingatkan bahwa manusia dirancang untuk berada pada jadwal yang pasti. 

 

Video Editor: Casilda Amilah