Ahad 23 Nov 2014 14:29 WIB

Red: Sadly Rachman

Alhamdulillah, Partai Perdana Skuat Garuda Raih Poin, Ini Gol yang Tercipta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski sempat tertinggal dua kali dari tuan rumah Vietnam, skuat Indonesia berhasil memaksa tuan rumah berbagi skor 2-2 dalam laga perdana. Grup A Piala AFF 2014 di Stadion My Dinh, Hanoi, Sabtu (22/11) malam.

Vietnam terus menekan tim asuhan Alfred Riedl sejak pluit babak pertama. Pada menit ke-11, akibat halauan bola yang tidak sempurna dari Sergio van Dijk, bola jatuh ke kaki pemain Vietnam, Que Ngoc Hai, yang langsung menendang bola ke pojok kanan gawang, tanpa bisa dihentikan kiper dan pemain belakang Indonesia. 1-0 tuan rumah memimpin.

Skuat Garuda bisa sedikit melepaskan diri dari tekanan Vietnam sejak menit ke-28. Boaz cs mulai lebih tenang dalam penguasaan bola.

Akhirnya pada menit ke-32 Indonesia melakukan serangan dari sayap kanan. Umpan lambung Ridwan coba disundul pemain Vietnam, Ngoc Hoang Thinh, namun sundulannya tidak sempurna. Bola meluncur ke arah Zulham Zamrun yang dengan cepat memasuki kotak penalti dan melepaskan tendangan menyilang datar berhasil melewati hadangan kiper Tran Nguyen Manh. Skor menjadi 1-1, hingga babak pertama usai.

Di menit ke-67, dari sayap kiri, Nguyen van Quyet berduel dengan Zulkifli Sukur. Bola berhasil disundul oleh Zulkifli, namun jatuh di dekat Le Cong Vinh. Tanpa pengawalan, Cong Vinh melepaskan tembakan keras langsung ke arah gawang Kurnia Meiga. 2-1 Vietnam kembali memimpin.

Mendekati menit akhir waktu normal, tepatnya di menit ke-83, sebuah kesalahan dilakukan barisan belakang Vietnam. Dengan respon cepat Samsul yang mengantikan Boaz menguasai bola, lalu menembak. Kiper Tran Nguyen Manh membuat blunder, hasil sepakan Samsul yang diantisipasi malah meluncur di bawah kakinya. skor menjadi imbang 2-2, dan bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.