Kamis 07 Nov 2013 10:34 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Sosialisasi Hapus Stigma Negatif Penggunaan Kalkulator

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Stigma negatif terkait penggunaan kalkulator masih menjadi tantangan dalam pemanfaatannya dikalangan guru dan pelajar sekolah menengah kejuruan. Efeknya, pemanfaatan kalkulator dikalangan guru dan pelajar SMK masih minim. 

Untuk itulah, PT. Kasindo Graha Kencana (Casio Indonesia) menggelar sosialisasi kepada para guru SMK se-Jakarta di Puncak, Bogor, Jawa Barat, baru-baru ini. Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat meluruskan kesalahpahaman tentang kalkulator, dan diharapkan pula terjadi integrasi antara pemanfaatan teknologi dengan kegiatan belajar mengajar tanpa menghilangkan substansinya.

Adapun sosialisasi yang dilakukan berupa pengenalan teknologi kalkulator, lalu dilanjutkan dengan sesi pembuatan soal yang disesuaikan dengan pemanfaatan kalkulator yang ada. Terakhir, masing-masing guru memberikan masukan terhadap soal-soal itu.

Sebelumnya, Casio Indonesia lebih dulu melakukan sosialisasi terhadap guru-guru sekolah menengah atas (SMA). Setelah sosialisasi, beragam aktivitas dilakukan seperti lomba matematika kalkulator.

Para guru menilai pemanfaatan kalkulator ini dapat lebih memotivasi siswa, dengan catatan guru harus kreatif dalam memilah soal mana yang membutuhkan bantuan kalkulator. Mereka optimis, pemanfaatan kalkulator ini akan mendorong optimalisasi pembelajaran sains pada anak-anak didiknya. Adv