Senin 30 Sep 2013 19:14 WIB

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Sadly Rachman

Ini Tips Tetap Sehat Melaksanakan Ibadah Haji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Jumlah jamaah calon haji berusia lanjut masih mendominasi kontingen asal Indonesia. Itu sebabnya, kesehatan para jamaah haji perlu mendapatkan perhatian khusus.

Dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD K-Ger, FINASIM selaku dokter spesialis penyakit dalam mengatakan, usia lanjut masuk dalam resiko tinggi. Pada kondisi ini hampir semua penyakit beresiko rentan menimpa jamaah.

Diantara sekian resiko itu, yang paling rentan yakni penyakit respirasi (sistem pernafasan). Infeksi di paru menjadi penyakit yang sering dialami oleh jamaah usia lanjut, selain penyakit lain yang diderita sejak lama.

"Orang dengan usia lanjut itu biasanya terkait penyakit yang sudah diderita dan hal ini yang harus di kontrol dengan baik," papar Edy.

Untuk jamaah haji dengan usia lanjut, Edy memiliki tips dalam menjalani ibadah haji. "Mereka menyadari adanya penurunan fungsi sehingga semua terencana, terprogram, dan terjadwal dengan baik hingga tidak melakukan semua dengan terburu-buru. Selain itu diadakan latihan fisik yang dilakukan tiga bulan sebelum keberangkatan," pungkasnya.

 

Videographer: Fian Firatmaja
Video Editor: Kingkin Jiwanggo