Senin 24 Oct 2011 23:01 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Alasan Anak Muda Belum Mau Berhaji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bagi umat Islam, melaksanakan ibadah haji merupakan kewajiban. Tak heran, antusiasme umat Islam melaksanakan ibadah haji demikian besar.

Antusiasme demikian besar, nyata terlihat pada umat Islam tanah air. Dengan kuota haji sekitar 215 ribu jamaah, umat Islam Indonesia tercatat menjadi jamaah calon haji terbesar di dunia.

Namun, ada semacam fakta menggelitik bahwa jamaah haji Indonesia kebanyakan berusia tua. Padahal, jumlah kaum muda dengan tingkat ekonomi tergolong mampu hanya sedikit yang berhaji.

Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Amidhan Sabera menuturkan kecenderungan itu tidak terlepas dari kurangnya ketertarikan kaum muda dari golongan mampu untuk berhaji. Mereka lebih memilih memberangkatkan keluarga mereka, terutama ayah dan ibu.

Menurut Amidhan, dari latarbelakang itulah, jamaah haji Indonesia rata-rata berusia 50 tahun ke atas.  Karena itu, ungkap Amidhan, mereka yang berusia muda namun belum berhaji bukan diartikan ketidakinginan. Akantetapi generasi muda belum menjadikan ibadah haji sebagai prioritas kendati mereka secara ekonomi mampu berhaji.