Selasa 11 Oct 2011 00:52 WIB

Red: Sadly Rachman

GPS, Tak Sekedar Penunjuk Arah Digital

REPUBLIKA.CO.ID, Anton Jimmi Suwandi, Head of Communication Departemen, Toyota Indonesia mengatakan GPS memang fitur baru yang menjadi kelebihan Grand New Fortuner sekalipun ada fitur lain yang tak kalah canggih seperti 2 Din Touch Screen  Audio Video System, Corner Parking Sensor, atau iPhone dan iPod Controler. "Nah, karena Grand New Fortuner terkait dengan jelajah medan, kehadiran sistem navigasi tentu sangat membantu pengemudi menuju lokasi yang hendak dicapai," katanya.

Tak sekedar menunjuk arah, ungkap Anton, sistem navigasi GPS juga memungkinkan pengemudi dipandu menuju Ajungan Tunai Mandiri (ATM) terdekat atau restoran.
Yang menarik, kata dia, pengemudi dapat menyimpan kordinat lokasi, sehingga saat digunakan dapat diakses kembali jika dibutuhkan. Hal menarik lain, penggunaan GPS tidak membutuhkan pulsa. Sebab, sudah terhubung data base yang berasal dari satelit.

Untuk menjamin akurasi, ungkapnya, sistem update juga terus diperbaharui. Untuk itu, Anton mempersilahkan konsumen agar datang ke Toyota untuk memperbaharui data base atau piranti lunaknya. "Karena Indonesia terus berkembang tentu kami akan mengembangkan data base," katanya.

Anton mengungkap sistem navigasi sangat dibutuhkan para pemilik kendaraan saat hendak berpergian. Maka dari itu, melalui sistem navigasi yang disematkan, pengemudi mudah jelajahi jalan-jalan yang belum sempat dilalui. " Mungkin tanpa GPS kita akan kesulitan," katanya.

Ke depan, ungkap Anton, pihaknya bakal mengembangkan lagi fitur navigasi, baik memperbaharui data base ataupun piranti pelunak pendukung. Dengan demikian, masyarakat kian "pede" menjelajahi wilayah Indonesia.