Senin 25 Jul 2011 11:50 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Video: Uruguay Kampiun Copa America 2011

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES--Semifinalis Piala Dunia 2011, Uruguay membuktikan kapasitasnya sebagai tim terbaik dunia saat ini. Diego Forlan dkk, sukses mencetak rekor untuk menjadi yang terbaik di Amerika Selatan. Di final Copa America 2011, Uruguay yang didaulat menjadi "Kambing Hitam" sukses menekuk Paraguay dengan skor 3-0. Suarez menjadi yang terbaik dalam pertandingan.

Dengan tambahan trofi ini, Uruguay juga resmi menjadi negara tunggal sebagai pengoleksi terbanyak gelar juara turnamen terwahid Amerika Selatan itu dengan jumlah 15. Skuad Oscar Tabarez mengangkangi tabungan trofi tuan rumah, yang masih tertahan di angka 14. Rekor itu sekaligus mengakhiri paceklik trofi CA sejak 1995.

Bermain lebih menekan, Uruguay langsung mengancam di menit-menit awal, tapi tendangan Suarez hanya mengenai sisi samping gawang. Tak berapa lama, sebuah sepak pojok disambut tandukan keras kapten Diego Lugano. Gelandang Paraguay, Nestor Ortigoza, terlihat memblok bola dengan tangannya, tapi Fagundes tak menunjuk titik putih. Protes dari para punggawa Uruguay pun tak digubrisnya.

Buah kerja Keras Uruguay berbuah manis, menit ke 12 babak pertama, Suarez yang menerima umpan dari sisi kanan kotak pinalti berhasil menceploskan bola yang mengecoh kiper Paraguay, Justo Villar.

Tiga menit sebelum turun minum, Forlan akhirnya sukses mencatatkan nama di papan skor.  Umpan Egidio Arevalo langsung dituntaskan dengan apik oleh striker Atletico Madrid itu lewat tendangan kencang kaki kiri. Ini adalah gol debutnya di CA 2011. Pada akhirnya, gol Forlan di menit terakhir waktu normal membunuh harapan anak-anak asuhan Gerardo Martino.

Berikut hasil-hasil Copa America 2011 :

Tim juara    : Uruguay
Runner-up  : Paraguay
Peringkat ke-3: Peru
Peringkat ke-4: Venezuela

Pemain :

Pemain Terbaik: Luis Suarez (Uruguay)
Topskor : Paolo Guerrero (Peru) - 5 gol
Kiper Terbaik : Justo Villar (Paraguay)
Pemain muda berbakat: Sebastian Coates (Uruguay)

Tropi Fair Play: Uruguay

 

Courtesy of Youtube