Jumat 11 Oct 2024 17:11 WIB

Red: Wisnu Aji Prasetiyo

Serangan Israel ke UNIFIL Pelanggaran Berat Terhadap Piagam PBB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pasukan Israel menyerang TNI yang bertugas sebagai pasukan perdamaian PBB di bawah UNIFIL di Lebanon, Kamis (10/10/2024). Ada yang menjadi korban serangan tentara Israel.

Terkait hal tersebut, Menlu RI Retno Marsudi memberikan keterangan persnya kepada media di sela KTT ke-44 dan ke-45 di Vientiane, Laos, Jumat (11/10/2024) pukul 06.30 pagi waktu setempat.

"Begitu mendapatkan informasi tersebut, saya langsung menghubungi komandan kontingen Garuda Kolonel Ghoffar (Komandan Satgas FHQSU UNIFIL Lebanon) guna mendapatkan informasi dan konfirmasi langsung mengenai kondisi dua penjaga perdamaian asal Indonesia," ujar Menlu Retno.

Menurut Menlu, pada saat dia menghubungi Kolonel Ghoffar dari Vientiane, Laos, diperoleh informasi bahwa kedua TNI yang menjadi penjaga perdamaian asal Indonesia mengalami luka ringan. Namun masih berada di rumah sakit untuk melakukan observasi. Retno kemudian menitipkan salam kepada para anggota TNI yang terluka maupun yang sedang bertugas menjadi pasukan penjaga perdamaian. "Saya sampaikan salam, yang kuat ya (untuk TNI di sana)!" ujar Retno. 

 

 

Video Editor | Eko Supriyadi